Surga Alam Itu Berada di Tanah Borneo

Surga Alam Itu Berada di Tanah Borneo

Berita Tak ada komentar pada Surga Alam Itu Berada di Tanah Borneo

AJI Pontianak – Kalimantan Barat merupakan provinsi  di Indonesia yang terletak di pulau kalimantan. Luas wilayah daerah tersebut adalah 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). didalamnya terurai 12 kabupaten, 2 kota, 175 kecamatan, dan 1970 kelurahan.  Dengan keadaan demikian Kalimantan Barat merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantam Timur, dan Kalimantan Tengah.

Karena memiliki ratusan sungai besar dan kecil yang difungsikan sebagai jalur penting bagi jalannya roda perekonomian masyarakat setempat. kalimantam barat juga berhasil meraih julukan provinsi seribu sungai.

Masyarakat Kalimantan Barat memiliki Jumlah bahasa yang diperkirakan sekitar 164 jumlah bahasa. Keragaman ini memunculkan hipotesa para ahli bahwa Kalimantan Barat merupakan sumber penyebaran bahasa melayu di Asia Tenggara karena bahasa-bahasa tersebut memiliki kemiripan dengan bahasa melayu. 10 jumlah suku dan 6 agamapun turut berkembang dalam daerah ini, serta  jumlah tarian adat, pakian adat, dan rumah adat, tak ketinggalan menghiasi keberagaman di kalimantan barat.

Bukan hanya pada batas itu, provinsi yang lahir pada tahun 1957 ini juga menyimapan sejuta panoroma keindahan wisata alam yang memukau.

Sebut saja Pulau Randayan yang menjadi salah satu primadona liburan masyarakat setempat.

Dengan pasir putih yang membentang dibibir pantai, serta biru laut yang tenang, dan nyiur daun kelapa yang melambai. pulau Randayan menjadikan kalimantan barat sebagai tempat faforit bagi wisatawan lokal. Pulau ini terletak di Kabupaten Bengkayang yang tidak jauh dari teluk Suak dan Sungai Raya, kota Singkarawang. Dengan menggunakan alat tansportasi Speed Boot atau motor laut kita sudah dapat mengakes Pulau Randayan yang tampak dengan kemegahan alam yang masih sangat natural. Dan ketika berada di Randayan kita akan menikamati suasana libur yang damai dan tenang, tentunya semua rasa penat akan terbayarkan dengan segala keindahan baharinya.

Tak kalah menarik dengan Pulau Randayan. Air Terjun Benangar juga menjadi salah satu keindahan alam yang tersimpan di pelosok Dusun Perbuah, Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Ketika kita menatap ribuan tetes air jatuh yang membentuk gumpalan vertikal air selebar 8 meter disudut  sebuah danau luas ditengah patahan sungai landak dan hutan tropisnya, menjadikan potret Air terjun Benanggar seolah  menjadi keindahan eksotis yang megah. Air Terjun ini juga merupakan salah satu ikon pariwisata di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Selain itu Bukit Ampan yang berlokasi di Desa Permata wilayah Kecamatan Pengkadan.  adalah salah satu bukit yang akan membawa kita pada sensani gelomabng awan yang cukup menakjubkan, dan yang menjadi menarik pada bukit ini adalah ketika sang fajar menyinsing menyulam langit menjadi orange atau sunset memancar dibawah kolong langitnya. Akses lokasi ini pun tak cukup sulit, bahkan jaraknya hanya ratusan meter saja dari jalan raya lintas selatan Kapuas Hulu.

Tak hanya sampai disitu, Mupa Kencana atau Danau Piang Kuak juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata romantis yang ada di Kalimantan Barat, jaraknyapun cukup dekat dari ibu kota putussibau sekitar 15 menit menuju kecamatan Badau (perbatasan) dan puriang kencana.

Indahnya panorama alam Mupa Kencana akan membuat hari libur terasa menyenagkan bagi siapa saja yang berkunjung ketempat ini. Selain tersedia fasilitas seperti bebek engkol, sepeda motor roda empat, flaying fox ,dan permainan lainnya. Obyek wisata tersebut juga tersedia minuman air kelapa muda, es teh, kopi, dan jenis lainnya, begitu juga dengan ketupuk basah yang merupakan makanan khas daerah tersebut. Dalam setiap pergantian tahun  Mupa kencana akan dipadati dengan ratusan pengunjung dari berbagai daerah.

Sarai brunyau, riam piyang yang terletak di bunut hulu adalah air terjun yang mempunyai keunikan tersendiri, batu-batu alami yang bertingkat mampu menciptakan keindahan air yg mengalir membentuk seperti anak tangga.

Berdasrkan data yang dirilis www.pontianakpost.co.id pada 20 juni 2018 objek wisata sarai Brunyau di desa Riam Piyang kecamatan Bunut Hulu itu akan menjadi primadona liburan bagi warga ketika memasuki moment idul fitri. bahkan dalam sehari saja bisa mencapai ratusan wisatawan. Menurut Imah dalam rilis berita tersebut mengatakan lokasi wisata tersebut memang sangat menarik.

Tak kalah dengam tempat wisata lainnya Air Terjun Merasap dengan Ketinggian air  10 meter serta Debit airnya yang begitu besar dan arusnya yang deras menjadi surga bagi para pecinta arung jeram.
selain itu air terjun ini memilik Kolam yang begitu luas yang menjadikan surga bagi para traveler. Tidak hanya keindahan air terjunnya saja, tetapi tempat wisata di Kalimantan Barat ini juga memiliki pesona alam seperti pepohonan yang begitu asri.

Dengan demikian, sebenarnya banyak keindahan yang tersembunyi dalam  daerah kalimanntan barat olehnya itu kita sebagai warga negara indonesia berkewajiban untuk mempublikasikan keadaan surga alam yang kita miliki pada semua kalangan. (Andy Saliwu – Universitas Muslim Indonesia (UMI))

 

 

Author

Leave a comment

Search

Back to Top